.

Status YM

Selasa, 07 Oktober 2008

Rekruitmen PNS.KKN?

1 hari yang lalu, seorang tetangga mendatangi saya saat saya sedang mencuci mobil yang kotor nya minta ampun sepulang mudik. Dia curhat mengenai penerimaan PNS dan bercerita tentang temannya yang beberapa kali mengiktui testing CPNS dengan rasa yakinnya diterima jadi PNS namun kenyataannya saat pengumuman tidak muncul namanya setelah berkali-kali mengikuti tes.
Anggapan dalam diri tetangga saya ini tersirat menganggap bahwa semua pelaksanaan rekruitmen pegawai di pemerintahan berbau dengan KKN. jawabannya ?? antara "ya" dan "tidak"

Panas..gundah..gelisah...sedih mungkin itu gambaran perasaan saya melihat orang-orang disekeliling mempunyai pendapat seperti ini.
Sedih..disaat bangsa ini butuh perubahan, butuh pengelolaan negara yang lebih baik dalam penyelenggaraannya ternyata masyarakat di negara ini tidak sedikit yang ingin menjadi PNS dengan "segala cara"..
Sedih..disaat para penyelenggara negara punya keinginan untuk dipercayai setelah runtuhnya Rezim Orde Baru, ternyata tidak sedikit juga masyarakat yang meyakini kalau aparat birokrasi selalu melakukan praktek KKN.
Panas..hal ini yang paling saya rasakan, mungkin saya salah satu orang yang tidak terima dan sangat tidak setuju jika masih saja ada yang mempunyai pikiran-pikiran negatif yang pesimistis akan para penyelenggara negara.
Tentu saya bereaksi, saya malah menasihati walaupun sebetulnya tetangga saya itu seumuran dengan Ayah saya, tapi apa bisa dikata kalau semua orang berpendapat demikian, mau di bawa kemana negeri ini, mau profesional bagaimana aparat penyelenggara negara jika dimasuki orang-orang yang berpikiran sesaat hanya untuk kepentingan dan kepuasan dirinya sendiri dan tidak berani bersaing. padahal era saat ini, persaingan antar negara dan bangsa semakin terbuka.
Kasihan negeri ini....


0 Komentar: