.

Status YM

Senin, 07 Januari 2013

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno DX 1.5

Mungkin pada postingan saya sebelumnya pernah memuat tentang beberapa kelebihan Suzuki Baleno yang pernah saya pakai lebih dari 3 (tiga) tahun. Namun sepertinya saat itu masih kurang memenuhi unsur obyektivitas karena masih dalam proses menjual hehe..


Suzuki Baleno pada awalnya dikenal pada tahun 1996 dengan konfogurasi mesin yang masih mengusung 1600 cc dan memiliki lampu depan berbentuk kotak. Berbeda dengan Suzuki Baleno DX 1,5 mulai awal tahun 2000 memiliki mesin 1500 cc dan lampu depan membulat sehingga terlihat lebih elegan membuat Suzuki Baleno model ini memiliki daya pikat yang luar biasa mengalahkan generasi berikutnya (Next G).

Selanjutnya sedikit saya berbagi kelebihan-kelebihan Suzuki Baleno 1.5 dari pengalaman saya pribadi :
  1. Irit, ya memang mobil satu ini bisa saya katakan sangat irit n lebih irit dari Avanza
  2. Model ga ketinggalan zaman dengan lampu depan membulat
  3. Dashboard cukup elegan dibandingkan mobil 1500 cc jepang lain di masa nya
  4. Perawatan sangat mudah
  5. Walo Pake Velg standar, tetep terlihat keren karena model velg nya yang cocok dan modis (selera ya) jadi ga berkesan tua
  6. Mesin terkenal bandel,mesin sama dengan APV,dan jarang sekali yang mengeluhkan tentang kinerja mesin n belum pernah denger yang sampe jebol dll


Nah selanjutnya, saya ingin berbagi tentang kelemahan dari suzuki baleno ini antara lain :
  1. Ndut ndutan,coba tancap gas di gigi 2 atau 3,lalu lepaskan gas,biasanya akan terasa ndut ndutan dalam engine brake nya,walo kondisi seperti ini dianggap hal biasa oleh para penyuka mbaleno ini,namun untuk saya cukup mengganggu (baru merasakan di tahun terakhir kepemilikan). Solusi Tune Up,Kalibrasi Injector,Kuras Tangki,Ganti FuelPum+Filter Bensin pernah saya lakukan namun belum berhasil menghilangkan engine brake yg ndut ndutan itu
  2. Sandaran Jok belakang terlalu tegak, untuk saya pribadi naik di jok belakang suzuki baleno sangat menyiksa karena tegaknya kursi
  3. Hati-hati saat mencuci mobil,air kerap masuk tergenang di bagasi mobil yang bisa membuat karat di bawah ban cadangan
  4. Berasa naik truk engkel kosong,jika naik suzuki baleno sendirian di jalan tol dengan kecepatan tinggi. Goyangan kanan kiri nya sangat berasa membuat badan cepat lelah.kecuali diisi penumpang lain akan sedikit berkurang.
  5. Ban Belakang Gesrot kalo diisi penumpang dewasa 4 orang. Coba perhatikan mobil terlihat berat kebelakang belum ditambah beban bagasi


Demikian sedikit berbagi tentang kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno 1.5 DX, barangkali ada yang mau menambahkan atau mengoreksi silahkan.ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi.  




84 Komentar:

Anonim mengatakan...

Sebagai pemilik baleno 1.5 setuju sekali dengan isi artikel ini. :D salam hangat!

Aditya mengatakan...

Saya jg pemilik baleno 1.5

Memang benar sekali yg dikatakan pemilik blog ini.
Baleno suka ndut ndutan.
Tp bensinnya irit :-)

blog-nya mickosembilan mengatakan...

artikel ini bisa menjadi referensi buat saya, walaupun belom cukup rejeki untuk membelinya...(y)

Unknown mengatakan...

Klo ndut2an it jrang mslh dr mnyak ato pengapian ato apalah, it mslhny d konstruksi gerigi ke gerigi.. misal dri perseneling ke as dengkul.. puteranny gak sma berat. Sbnerny, it trgtg si sopir, klo stangan pst ga gitu brasa ndut2an. Skedar sharing

dikiemaulana mengatakan...

selamat siang. saya seorang mekanik dealer resmi non suzuki mungkin berpendapat tentang kopling atau jalan ndut ndutan itu di karenakan fly wheel nya sudah tidak rata. coba kalau di ratakan kembali pada saat ganti kopling ke tukang bubut. karena kendala itu pun kadang terjadi di merek mobil yang saya tangani.. kenapa bisa seperti itu ?? perbedaan moment antara putaran mesin dan putaran di kopling yang kurang seimbang sehingga bukan koplingnya saja yang habis. melainkan flywheel yang dapat gesekan.studi kasus seperti ini kami analisa dan hasilnya tidak endut endutan. semoga bermanfaat untuk anda yang melihat forum ini. terima kasih.
salam hangat

Dikie Maulana
dikie517@gmail.com

azwarzen mengatakan...

asekkkk artikelnya sangat membantu mas. di tahun gni saya mau ambil baleno tahun 2002. kira kira masih worth it g ya?

dikiemaulana mengatakan...

worth it mas. mobil tahun 2000 ke atas masih banyak bejubel sparepartnya.

Unknown mengatakan...

saya memeiliki baleno DX tahun 2000
setiap pagi ada tetesan oli di bagian sebelah kanan...kira2 dari mana sumber oli tsb..maklum saya masih awan tentang mesin...

dikiemaulana mengatakan...

Pak titok totok : selamat pagi pak.. kalo tetesan oli bisa berbagai hal bila di lihat dari sebelah kanan.. bisa dari seal crankshaft,camshaft, carter ataupun selang power steering, untuk di bagian sebelah kanan. rata2 seal nya sudah berumur/keras jd uap oli akan rembes melalui seal yang sudah keras. lebih parahnya jika sudah netes.

nuhun.

Unknown mengatakan...

trima kasih pmas diki...setelah saya telusuri ternyata memang selang yang berhubungan langsung dengan tabung oli kurang kencang....setelah saya kencangkan trus selang saya bersihkan alhamdulillah olinya tdk menetes lagi...ada satu pertanyaan lagi saat mesin hidup kadang-kadang secara tiba-tiba mesin gasnya meninggi...penasaran saya tanya dgn beberapa orang mekanik...mereka menginformasikan agar saya mencoba kalibrasi injectornya...apa betul itu kang diki...kira-kira berapa biaya untuk kalibrasi injector tsb...? matur suwun

dikiemaulana mengatakan...

selamat pagi pak titok totok, untuk idle mesin, pertama kali menyala itu idle pasti tinggi dikarenakan mesin memerlukan daya lebih agar suhu mencapai yang di inginkan, bila mana telah stabil idle mesin akan turun dari awal start itu 15-20mnt, dengan 750-850rpm. untuk kalibrasi setahu saya di mesin bensin itu tidak ada, dikarenakan pengoprasian injector di fungsikan berdasarkan sensor crankshaft + ecu. biasanya kalibrasi di lakukan oleh mesin diesel disebabkan habis solar, karena sering terjadi udara di dalam saluran pompa menuju injector diesel(angin palsu). di mesin bensin seperti baleno itu cukup di bersihkan saluran nya.idle naik turun di mobil lain itu biasanya dari IACV(idle air control Valve) di mesin Honda.coba konsultasi ke bengkel resmi, ditakutkan sudah macet atau sensor mulai lemah.harga sensor idle itu perkiraan 750rb. untuk mslh injector,kemungkinan adanya lubang2 injector yang mampet, perkiraan harga untuk membersihkan injector (250-300rb).

regard.

Dikie Maulana

Unknown mengatakan...

Pak diki..saya mau nanya saya pemakai baleno 97 injeksi ..kemudi bergetar saat rpm 1000 (saat stationer atau saat berhenti di lampu merah).saya cek ke bengkel mesin semua normal....engine mounting baru semua pake SGP.adakah bantalan yg lain yg harus saya ganti agar getaran tidak sampe kemudi..mohon pencerahan dan bantuannya pak..terimakasih

dikiemaulana mengatakan...

to Bp Purwanto Estu,

Selamat siang,

dari penjelasan yang telah di kemukakan oleh bapak. jika engine mounting semuanya sudah di ganti kemungkinan dari sektor kaki2. biasanya dari long tierod. tapi untuk kasus ini saya melihat secara idle kemungkinan dari bantalan yang lain atau ada baud yang longgar di antara bantalan. dikarenakan bisa saja berpengaruh ke getaran di steering. bila perlu di cek juga system steeringnya.

Anonim mengatakan...

Selamat malam, mohon bantuannya, baleno 1,5 distarter tidak mau hidup seperti tidak terjadi pembakaran/ pengapian.terima kasih

Anonim mengatakan...

Selamat malam pak Diki, mohon bantuannya, baleno 1,5 saya tidak mau hidup ketika distarter, seperti tidak terjadi pengapian/ pembakaran. Tekanan awal bensin pada saat kunci kontak di-onkan bagus, busi baru, throttle baru dibersihkan. Sebelum tidak mau hidup sama sekali, pada saat distarter terjadi ledakan di throttle dan knalpot. Mohon pencerahannya Pak Diki.

dikiemaulana mengatakan...

Selamat pagi pak azim,

Melihat dari kronologis dari apa yang bapak kemukakan, kemungkinan yang harus bapak periksa ulang adalah :

1. kabel pengapian mungkin terbalik.
untuk yang masih karbu urutan nya 1-3-4-2.
2. mohon di cek spesifikasi busi bapak.
3. kemungkinan koil bapak bermasalah.

tapi untuk awal coba di cek terlebih dahulu kabel busi dikarenakan takutnya terbalik sesuai dengan point 1.

semoga membantu.

salam hangat.

Dikie Maulana
dikim517@gmail.com

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak diki...infonya kmrn saya mau nanya lagi nih..hehehe
Pak saya kan beli baleno saya bekas tahun 97 injeksi
Tapi lampu depan dan bampernya beda..dengan keluaran tahun tersebut..mirip tahun 2000..apa pernah baleno mengeluarkan special seri tersebut..atau modifikasi(saya cek itu standar sampe cub mesinnya)..atau itu built up
Trmksh

dikiemaulana mengatakan...

to bp Purwanto Estu.

Selamat pagi pak,

Mobil yang bp kemukakan itu sebenarnya mobil tahun 1997,kemungkinan besar merubah bemper dan juga lampunya. tapi setahu saya mobil cbu itu akan keluar dari negeri tirai bambu ke indonesia dengan kurun waktu kuartal 5-7 tahun adapun spesifikasinya di kurangi dari aslinya. kalo boleh saya ingin melihat photo dari mobil yang bapak kemukakan tersebut. agar semuanya terjawab dengan baik dan tidak salah.


Salam Hangat,

Dikie Maulana
dikie368@gmail.com

Unknown mengatakan...

salam mas diki
saya mau beli mobil sedan.
dan mobil sedan apa yg bagus
ya sekitar dana 70 an jt
mohon pencerahannya
wasalam

dikiemaulana mengatakan...

to Bp.Iqmal Prawoto

Selamat sore pak,

Menurut saya kalo bapak punya budget 70jt saya sih lebih memilih Honda City Z tahun 2000. karena selain irit dari sparepart nya juga lumayan murah. kalo saya belum punya mobil. dikarenakan saya bekerja di Brand Honda. untuk mobil Karimun GX juga bagus. tapi untuk varian sedan. saya lebih memilih Honda City Z thn 2000 yang sudah injeksi.

Salam hangat.


Diki Maulana
dikim517@gmail.com

Unknown mengatakan...

trimakasi atas infonya mas diki

Unknown mengatakan...

Salaam kenal Pak diki

Saya rencana memiilih baleno dx thn 2001 matic apa sering bermasalah tidak yaaaa utk perawatan apa cpt rusak atau gimana
Atau lebih baik yg manual saja
Krn pertimbangan utk matic agar istri juga bisa pake

Terimakasih
Rizal

dikiemaulana mengatakan...

Selamat sore mas @ Rejha Akaza,

menurut saya untuk pemilihan mobil baleno akan lebih nyaman memilih mobil matic namun perawatan nya cukup mahal bila terjadi di kemudian hari. untuk manual itu perawatan nya cukup murah namun dalam pemakaian kopling yang bisa di katakan tergantung dari orang yang membawa. mesin baleno matic/manual itu sangat mumpuni. untuk saat ini saya hanya memberikan informasi kepada anda. selebihnya anda bisa lebih memilih mana yang lebih baik untuk di beli.


Salam hangat,


Dikie Maulana
dikim368@gmail.com

Unknown mengatakan...

Selamat malam pa Diki
Perkenalkan saya Rizki,
Saya rencana nya mau beli mobil sedan kisaran di bawah 70ht, kira2 referensi sedan yg irit dan perawatannya gk terlalu ribet sedan apa ya? Terus kalau honda city type z ada yg manual ga?
Terimakasih

dikiemaulana mengatakan...

to :Rizki Rahadian

Selamat pagi pak rizki,

Kalo saya pribadi paling memilih honda city tipe z keluaran tahun 2000-2002. irit dan mesin bandel.untuk yang manualnya ada. dr tahun 1997-2002 ada. ya baleno dan city z recommend.


Salam hangat,


Dikie Maulana
dikim368@gmail.com

Unknown mengatakan...

Selamat mlm mas diki, sy mau cari lis plipit kaca samping kanan blakang yang second bisa bantu? Krn klu sy cari baru harganya mahal dan indent, trims bantuannya.

Unknown mengatakan...

JSelamat mlm mas diki, sy mau cari lis plipit kaca samping kanan blakang yang second bisa bantu? Krn klu sy cari baru harganya mahal dan indent, trims bantuannya.

Unknown mengatakan...

salam kenal mas diki, sya sharas
sya mau minta pencerahan.. lebih rekomended mana baleno 2000-2002 vs city z 2000-2002, tolong beri perbandingannya mas...

Anonim mengatakan...

Mas diki,saya adit mau nanya kelebihan dan kekurangan mobil baleno 2000 vs corolla new 1999 mana yg lebih baik utk perawatan,suku cadang,bbm,dan harga jual kedepan,,menurut pandangan mas,,

Anonim mengatakan...

big thx mas diki,,,

Unknown mengatakan...

Solusi untuk bagasi belakangnya yang gampang bocor bagaimana ya? Saya ada rencana mau ambil ini atau Aerio.

dikiemaulana mengatakan...

Selamat siang, all

Mohon maaf baru bisa di balas semua nya hari ini. dikarenakan saya baru buka email. terima kasih.

to : putu ari priyantana

Untuk List pintu lebih baik beli di daerah kebon jeruk. harga pada miring di sana mas.

to : alvin sharas

Untuk part lebih murah di baleno. untuk city z itu lmyn mahal.
Untuk kelas 1500cc tidak beda jauh.
Untuk kenyamanan lebih baik di kaki2 honda.
Untuk harga jual ke depan. Honda lebih baik. namun balik lagi ke mas alvin. karena mobil harga jual tinggi itu tergantung dari perawatan.

untuk perbandingan dengan corolla. beda sedikit saja. corolla tidak jauh beda dengan baleno yang banyak menyebar dalam hal part. dan untuk penjualan unit ke depan nya. jelas brand lebih di utamakan. rata2 d indonesia memilih brand sebelum kualitas.

to : Aris Riazis

Bagasi adalah vital untuk penyimpanan barang. namun solusi bagi baleno yang gampang bocor di bagian bagasi rata2 seal untuk bagasi kurang rapat dikarenakan usia nya. bagusnya di ganti saja dengan yang baru. dan sebelum di pasang di beri sealent terlebih dahulu. agar pada saat hujan besar air tidak menyerap masuk ke dalam kabin bagasi.

Magnolia Azzahra mengatakan...

Bosss....ada bau bensin menyengat, setelah saya cek ternyata bensin merembes dr selang filter. Dah saya bawa k bengkel diganti selangnya, baru seminggu selang malahpecah bensin sampai muncrat....ntu knp ya boss? Tukangnya masangnya salah posisi atau selanngnya kepanjangan ato gmn ya? mohon pencerahannya gmn cara masang selang filter yg betul...kali aja suami saya bisa hehehe...

dikiemaulana mengatakan...

selamat pagi Magnolia Azzahra,

Selang yang di ceritakan,kemungkinan bahan nya bukan untuk material bensin. jadi selangnya langsung pecah.


regard,

dikie maulana

PRAST_AP mengatakan...

Salam kenal mas diki.. sy prast, mo nanya baleno sy th 2008 sewaktu plg dr mudik kmrin saat macet melanda tb2 kopling ngelos tdk bs untuk ngopling dan bau kampas menyengat tdk bs untuk oper persnelling tp stlh metepi dan sy matikan mesin bbrp saat koplingnya sdh normal kembali. Kmdian sy bw ke bengkel suzuki, hsl analisa srh ganti kampas kopling. Pertanyaan sy apakah memang harus ganti kampas kopling sdhkan hentakan kopling msh kuat dan oper2an pd tuas gigi persnelling lancar tdk ada mslah, dan stlh kejadian tsb ampe skg tdk mengalaminya lg. Mohon penjelasannya. Thanx...

Dikie Maulana mengatakan...

Selamat pagi Bp Ady Prasetyo,

Untuk Problem yang mas ady ceritakan. dealer resmi suzuki tidak mau mengambil resiko,ada penjelasan yang saya ingin kemukakan :
- karena kampas kopling bisa saja mengalami panas yang berlebih dan gosong. hal tersebut bisa membuat kampas kopling cepat aus. loss tenaga dikarenakan putaran dari mesin menuju transmisi tidak tersalurkan full 100%.
- susah mengoper gigi karena putaran mesin tidak free, putaran masih berlanjut ke inputshaft transmisi dikarenakan kopling tidak ada respon.
- bilamana oli transmisi manual kurang dari standartnya. mohon di cek terlebih dahulu. karena kurangnya oli transmisi juga bisa mempengaruhi susah memindahkan gigi.

Salam hangat,


Dikie Maulana

PRAST_AP mengatakan...

Ok terima kasih mas dikie atas penjelasannya..

myono mengatakan...

Salam Kenal mas Diki, saya Maryono solusi problem anda bagus. Salut. saya mau nambahin problem nih baleno 97 kami saat ini panas. pernah kami kuras radiator, tapi masih panas sementara otomatis fannya bekerja di skala 50 %, bisa gak di set ke skala 30% sehingga tidak terlalu panas, atau ada hal lain yang menyebabkan panas ini kadang sampai ngosongin air radiator loh?.

dikiemaulana mengatakan...

Selamat malam mas Maryono,

Untuk Masalah mas ini saya menyikapi dengan beberapa hal, diantaranya :

1. Motor fan bekerja normalnya itu 95' Celcius sampai 92' Celcius. bila tidak normal itu dari ECT Sensor
2. Skala 30 % itu mesin menjadi dingin dan kurang tenaga atau lebih ke putaran idle tidak akan stabil.

Hal nya panas mobil mas maryono bisa cek. :
1. Cek apakah tutup radiator dan radiator masih keadaan bagus.
2. ECT ( Engine Coolant Temperatur Sensor )
coba di cek sensor temperaturnya.
3. Selang2 coba di cek ulang takutnya ada yang bocor walaupun bocor 1 jarum saja.
4. Coba di cek Pompa air ditakutkan baling2 sudah korosi di dekat timing belt.
5. Silinder Head melenting itu bisa membuat mesin tidak stabil atau cepat panas. solusinya yaitu overhaul 1/2 . ( turun stgh mesin )

Semoga membantu mas maryono,


Salam hangat,


Dikie Maulana

myono mengatakan...

Terima kasih, kalo bocor 1 jarum mungkin ,catatannya biasanya setelah mobin di pakai turn off engine air meluap mellui reservoar. Tentang waterpump ketika coba saya intip dari radiator airnya mengalir ketika di gas, melenting?, bisa jadi ttapi apa penyebabnya?.

dikiemaulana mengatakan...

Selamat pagi Mas Maryono,

-Adanya kebocoran 1 jarum, bisa mengakibatkan angin palsu di dalam siklus air sirkulasi di dalam engine dan radiator terlebih air akan berkurang lebih cepat.
-Air yang menuju reservoir radiator itu biasanya berbentuk air bukan uap yang berlebih. adanya uap yang berlebih itu dikarenakan adanya udara di dalam mesin atau radiator.

Silinder Head Melenting :
Dikarenakan dari Berat Block mesin dan Silinder head berbeda, maka penekanan pembakaran di block silinder akan lebih menekan silinder head yang mempunyai bobot lebih ringan. melentingnya head akan memberikan ruang udara diantara block dan silinder head, maka mesin cepat panas. Terlebih lagi bila sudah tercampur antara oli dan juga air radiator yang mengalir melalui waterjacket(lobang air).

Step by step pemeriksaan mobil cepat panas, sbg berikut :

1. Cek kondisi radiator & Tutup Radiator
2. Cek kebocoran dari Selang2. ( Radiator Tester di Pompa 1.1 bar )
3. Cek Kipas Radiator & Kipas AC
4. Cek ECT ( Engine Coolant Temperatur )
5. Cek Water pump.
6. Langkah terakhir adalah Overhaul 1/2 atau disebut Papas Silinder head agar rata kembali.

Dari ke 6 langkah tersebut adalah urutan pengecekan mesin cepat panas.

Semoga membantu Mas Maryono.


Regard,

Diki Maulana

myono mengatakan...

Terima kasih , cek kebocoran ama waterpump belum. btw tengkiu.

Benk Hermawan mengatakan...

Selamat malam mas diki, sy pingin nanya krn sy ada minat beli kalau honda city z mendingan yg manual atau auto. Mksh sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Mlm pak diki....saya mau minta pendapat saya mau ambil new city tahun 2004 tp byk temen bilang kalau itu produk kurang sukses dibandingkan produk honda lainnya.....apakah benar? Mohon pencerahannya

Dikie Maulana mengatakan...

Selamay pagi Semuanya :

Untuk Pak Benk Hermawan,

Untuk City Z menurut saya lebih baik manual. karena ongkos perawatan nya lebih murah daripada yang matic. namun balik lagi ke pak benk dikarenakan tergantung selera juga. bila menggunakan matic dampaknya itu kita tidak cape. namun segi perawatan lebih mahal dan bila mana matic tidak jalan otomatis biaya turun matic sangat bervariatif.

Untuk Anonim,

New City itu sebanding dengan jazz 2004-2007 akhir. menurut saya malah itu yang paling sukses. kalo memang tidak sukses coba bapak check after market dari Honda City, Toyota Vios, Suzuki Baleno. dari 3 unit ini Harga mokasnya itu lebih unggul di honda. untuk Pembelian unit bekas mau membeli apapun merk nya. mohon di dampingi atau di cek terlebih dahulu ke dealer resmi. karena dealer akan memastikan keadaan mobil tersebut sesuai analisa. jd pantaskan di beli mokasnya. karena semua mobil mokas itu pasti ada part yang harus di ganti. tergantung dari kerusakan atau perawatan mobil tersebut sebelum kita beli. logikanya itu sebanding tidak dengan harga unit atau lebih baik membeli unit yang baru saja.


Regard,


Diki Maulana

Anonim mengatakan...

apakah suzuki baleno tahun 1997 masih rekomen utk dibeli. partnya msh bnyak gak dpasaran medan..

Dikie Maulana mengatakan...

selamat pagi pak dedi,

masih worth it untuk di beli. karena spare part suzuki masih banyak di pasaran pak.

Unknown mengatakan...

Selamat malam pak , saya mau nanya sudah 1 bulan ini baleno saya kayak endut endutan ...ada suara suara aneh tpi klo kopling diinjak hilang suara suara seperti gesekan . mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

Malam pak diki,saya mau nanya nih,kok baleno punya saya ada bonjolan di lantai,tepat nya di bawah kaki penumpang sebelah kiri,di belakang samping sopir,padahal bawahnya gak ada kempot sama sekali,dan saat gas di tahan di kecepatan 100,tiba2 kayak di tarik mas,padahal gas mobil nya cuma ditahan dan sudah saya coba berulang kali hasilnya tetap sama mohon pencerahannya mas.trms

agung pay mengatakan...

Salam pertemanan. Baru masuk blok nih.
Pak saya mau tannya saya baru beli mobil baleno 2000. Kalo di kontak ko bunyi siiiiingggg tapi nggak mati2, tapi di starter hidup. apa itu bawaan mobil baleno ya ?

Unknown mengatakan...

Selamat siang mas diki. Saya mw ambil mobil budget 60 jt kira2 dapet ga baleno 2000? Mohon sharingnya apa2 yg perlu diperhatikan sebelum membeli baleno second?

Dikie Maulana mengatakan...

Selamat sore semua :

Kepada Bp E Manurung,

Untuk kopling endut2 an itu biasanya flywheelnya sudah tidak rata. bp manurung coba ganti kopling assy berserta bearingnya agar bunyi gesekan nya hilang. karena bunyi tersebut rata2 dari release bearing di kopling. dan untuk yang endut2 an nya itu sebelum kopling di pasang mohon di slep dulu ke tukang bubut. tanyakan apakah masih bisa di bubut atau tidak. sesuaikan dengan speck nya baleno.

Kepada Pak Teguh Perwira,

Untuk Bonjolan di lantai saya juga baru denger pak. itu coba di cek ulang ke bagian body repair. untuk gas yang tiba2 lsg kencang itu klo mobilnya masih karbu mohon di bersihkan ulang atau di stel ulang karbunya. kalo di bandung ada bengkel carb asem reges.kalo unit bp injeksi mohon coba di kalibrasi injector dan trottle body nya pak.

Kepada Pak Agung pay,

coba di cek terlebih dahulu baut 10 plat yang bisa mengakibatkan bunyi. tkutnya ada yang kendor setelah itu di cek kondisi dinamo stater ke tukang dinamo. terkadang selenoid telat membalikan gear dinamo jadi suka ada suara itu.

Semoga ada manfaat nya dan menjadi saran yang bisa berguna untuk bapak2 sekalian.


Regard,

Dikie Maulana

Dikie Maulana mengatakan...

Selamat malam Pak Ketut,

Saran saya sebelum membeli mobil second jenis apapun. harap di cek terlebih dahulu ke bengkel resmi. karena semua mobil second akan ada pengeluaran untuk perbaikan ini dan itu. terkadang ada juga yang tidak ada PR alias lsg di pakai. kondisi mobil tiap orang berbeda2 tergantung cara dia merawat dan memakai mobil yang akan di jual.

Sekedar share saja. budget 60jt itu jangan di keluarkan semua, namun bpk ketut harus spare 5jt untuk perbaikan atau perawatan sblum memakainya.


Regard.

Dikie Maulana

Astuti mengatakan...

Salam kenal pak Diki

Maaf ni sy ingin sedikit minta pendapat soal mokas untuk harga di kisaran 60jt.an. Ada 3 pilihan yaitu 'Great Corolla 94-95', Baleno 2001-2002, atau City Z 2001-2002.
Kira2 menurut mas Diki yg paling cocok dipake sehari2 untuk wanita pekerja di sebuah kota kecil apa ya? Kebutuhannya hanya untuk ke tempat kerja dan jemput sekolah anak2.
Demikian. Terimakasih atas masukannya.

agung pay mengatakan...

Pak diki makasih atas infonya.
1 Saya mau tannya mobil baleno saya kalo di rem
kadang kocokan.
2. Suara dari ban depan kynya gluduk2 kalo lewat
jalan cor bukan aspal. Tapi kalo di aspal alus
3. Setir agak berat kalo power stering utk belik aja kan pake tangan satu enteng. Kalo ini agak berat itu apanya ya
Mohon pencerahan pak

Dhani Faisal mengatakan...

Selamat malam Pak Diki,

Saya punya Baleno 2001 matic.
Ada beberapa pertanyaan seputar Baleno saya..
1. Saat menginjak pedal gas kenapa ada bunyi mendengung yang terdengar jelas dari dalam? Semakin dalam menginjak gas semakin keras bunyinya.

2. Saat setir belok patah ke kiri mengapa ada bunyi?

3. Berapa ukuran tekanan angin ban depan dan belakang yg ideal? Saya memakai velg dan ban ukuran asli.

Demikian pertanyaan dari, mohon dibantu.
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Selamat siang pak diki... Saya mau Tanya nih.. Baleno saya th 2001.. Benson dalam keadaan terisi... Tiba2 ampere turun hingga nol Dan Mobil mendadak mati... Saya buka tutup tangki Dan keluarga gas yg cukup besar... Kemudian saya starter Mobil Dan mau hidup kembali, ampere bensin normal.. ( kalo tutup bensin saya pasang kencang kejadiannya selalu seperti itu.. Tp bila tutup bensin tdk terlalu rapat.. Mobil tidak ada kendala).. Mohon pencerahannya pak.. Terjadi masalah bagian mana Yaa... Saya susah Cek filter bensin Dan fuel pump dlm kondisi baik.. Tx u pak..
Salam hangat.
Bowo

Unknown mengatakan...

hallo pak diki, minta sharing nya. Kalo budget 50-60 juta kira2 rekomendasi apa yang bagus ?
utamanya sih yg irit bensin, ga sakit sakitan, mudah perawatan, kuat diajak mudik ke jawa tengah setahun sekali. Udah dapet yang power window belum ya budget segitu ?

dikiemaulana mengatakan...

Selamat pagi rekan2 :

Mohon maaf baru bisa menjawab pertanyaan nya :

Kepada Ibu Astuti :
Menurut saya mobil yang cocok untuk wanita itu semua mobil sama. namun untuk saya pribadi saya memilih City Z. dikarenakan saya memahami mobil tersebut dari saya masih menjadi seorang teknisi. tp untuk bergaya juga great corolla dan suzuki baleno juga bagus. yang penting sih untuk aftermarket part nya itu yang menjadi pemikiran ibu astuti. manakah di antara ketiga mobil tersebut yang banyak sparepart dan dealernya yang bisa menunjang perawatan selanjutnya.


Kepada Bp Agung :

1. Ada yang bocor di antara ke 4 master rem. dan adanya bocor tersebut membuat angin palsu. coba di bawa langsung ke bengkel agar secepatnya di tangani.

2.untuk gluduk2 itu dari kaki2. coba di cek ke tukang kaki2. bisa dari link stabil, shock breker, tierod, long tierod yang mungkin keadaannya mulai melemah. atau harus sudah mulai di ganti.

3.coba di Overhaul motor P/S ditakutkan valve yang berada di pompa macet dan di cek kembali takutnya ada yang bocor di antara selang high presure dan selang return.


Kepada Bp Dani Faisal :

1. Untuk bunyi itu saya tidak bisa langsung menjugde dari mana. karena bunyi harus di test secara langsung. kalo bunyinya mendengung biasanya dari sourround ground yang jelek dari speaker. tp saya belum bisa yakin itu dari situ. cuma untuk dengung biasanya itu kalo dari dalam kabin.

2. kemungkinan bunyi belok kiri patah itu dari drive shaft sebelah kiri. dan shockbreker. coba minta tolong di cek ke dealer resmi suzuki.

3. ukuran ban yang ideal ada di bagian pintu sebelah pengemudi. rata2 untuk saya sendiri saya selalu memberikan angin ban depan itu dengan 33Psi dan Belakang 31Psi


Kepada Bp Bowo Bowwie :

Dari yang Bp Ceritakan. saya melihat tidak adanya ventilasi untuk pernapasan tangki bensin. coba bp turun tangki bensin ke bengkel lalu minta di cek selang pernafasan tangki. kemungkinan selangnya mampet dan tidak ada hawa udara untuk membuang gas bensin yang memuai.


Kepada Pak Akang Vaughan :

coba bp test drive dulu saja untuk memastikan kenyamanan mobil. kalo power windows. hampir rata2 semua unit yang berharga 50-60jt udah include dengan PW. mau itu City Z, Baleno , Atau Great Corolla. kalo saya sih nyaman sama city Z. walau penampilannya tidak se elegan dari kedua Revalnya.


Mohon Maaf. untuk Forum tanya jawab. bisa Bapak2 datang ke Blog pribadi saya.


Dikiemaulana.blogspot.com

terima kasih.







Unknown mengatakan...

Selamat malam pak diki...
saya punya mobil baleno thn 97 sering endu-endutan,padahal sya sudah mengganti busy dengan kabel busy,terus malah masih endu-endutan itu penyebabx apa pak diki...
terima kasih

Dikie Maulana mengatakan...

selamat pagi pak Idah David,

Untuk baleno coba di cek dari koil,bisa dari karbunya juga bs pak idah. karena penyebabnya hanya antara itu.

Regard,

Dikie Maulana

deni mengatakan...

selamat siangpak diki,
saya mau bertanya, lebih baek hyundai accent atau baleno?
baik itu dri segi perawatan dan ketahanan?
terimakasih

Anonim mengatakan...

Selamat Malam Pak Diki, saya Helen pemilik Baleno matic 2002. Sudah seminggu teras ndut-ndutan saat mobil melaju dan sangat kuat terasa saat mobil diam (macet). Saya mengakali dengan pindah ke Netral disaat macet tsb dan mobil tidak ndut-ndutan. Dan stir mobil bergetar saat mobil melaju hampir 100km/jam. Kira2 transmisinyakah atau ada masalah lain ya pak?
Terima kasih banyak.

Unknown mengatakan...

salam kenal pak diki, saya yoga pemilik baleno 2000. mobil saya pada saat di gas kok terdengar bunyi cit cit cit, tapi kalo lepas gas g ada bunyi itu. selain itu kok ada rembesan oli di sekitar vbelt. mohon pencerahannya.

dikiemaulana mengatakan...

Selamat Pagi Ibu Helena Geovani.

- mobil endut-endutan itu biasanya di masalah matic yaitu di valve body atau di reverse selenoid yang sudah aus. masalah di suplai bahan bakar yang tidak konstan. bisa dari injector atau saringan bensin yang kotor. terlebih lagi unit baleno 2002 itu sudah di pasang sensor idle di trouthle body. apakah oli transmisi sudah pernah di flashing (di kuras ) ?.

untuk matic bila ada kendala dengan step berikut :

1. kurang dahulu oli matic sebanyak 2 galon atau 6 liter.
2. cek valve body di bersihkan
3. overhaul matic.

3 step itu yang harus di coba terlebih dahulu. saya tidak pernah menyarankan untuk mengganti transmisi dengan x singapura, karena belum tentu bagus. sama hal nya beli kucing dalam karung. untuk lebih baiknya di overhaul jadi bisa di estimasi mana komponen yang rusak mana yang tidak.


- untuk ster bergetar

coba di cek terlebih dahulu guide steer takutnya terlalu kendor. kalo stelan nya sudah bagus, bisa jadi dari tie rod dan long tierod.
.

dikiemaulana mengatakan...

selamat pagi Bp Ajudan.


Untuk bunyi cit-cit itu bisa jadi karena vbelt kotor karena oli tersebut dan vbelt menjadi agak kendor dan membuat bunyi. saya sarankan coba di perbaiki terlebih dahulu area kebocoran olinya. setelah itu lalu gantilah v belt dengan yang baru.



Regard,

Diki Maulana

Rantosuroto mengatakan...

pak mobil baleno saya kenapa ya kadang2 suka susah di stater padahal mesin2 normal semua tidak ada indikasi rusak...setelah 15 atau 10 menit di stater baru bisa hidup itu hrs ngabrebet dulu....dan saya pernah manggil montir di saat baleno saya susah di stater giliran montir udah dtng ehh di stater sekali doanga langsung hidup padahal ga di apaapain dan akhirnya montir itu pulang terimakasih pak....mohon solusinya pak

Rantosuroto mengatakan...

pak mobil baleno 2002 saya kenapa ya kadang2 suka susah di stater padahal mesin2 normal semua tidak ada indikasi rusak...setelah 15 atau 10 menit di stater baru bisa hidup itu hrs ngabrebet dulu....dan saya pernah manggil montir di saat baleno saya susah di stater giliran montir udah dtng ehh di stater sekali doanga langsung hidup padahal ga di apaapain dan akhirnya montir itu pulang terimakasih pak....mohon solusinya pak;;;;dan saya juga punya teman yg sama punya baleno dan ternya penyakitnya sama kadang2 susah di stater sampe di jualnya penyakit tersebut belum ada yg bisa mbenerin....kira2 apanya ya pak....

Unknown mengatakan...

Selamat pagi....ini.baleno saya kipasnya tidak berrpputar saat saya panaskan.... Apakah kipas ini hanya berputar ketika mesin panas saja atau sejak awal mesin menyala langsung berputar? Terimakasih

Deans mengatakan...

salam hangat buat semuanya, kebetulan saya juga pecinta baleno artikel dan komen dari rekan-rekan semua sangat berguna sekali, maaf saya cuma mau tau apakah ada group chating yg lainnya seperti BBM,WA,FB atau yg lainya biar sambil chating bisa liat gambarnya, dan untuk mempererat tali silaturahmi, berbagi info antar pecinta baleno, terimakasih

dikiemaulana mengatakan...

kepada rekan2 yang ingin konsultasi all merk mobil bisa masuk ke dikiemaulana.blogspot.co.id <------ karena saya tidak selalu ada di sini.

terima kasih.

Dikie Maulana mengatakan...

Dear pak Ranto Suroto :

Untuk Mobil yang susah hidup gitu biasanya di idle control valve nya sudah mulai lemah. coba di cek kembali ke dealer resminya

Untuk Pak Krisnha :

Kipas radiator akan berputar di saat suhu mencapai 95-98 Celcius. tidak menyala di saat awal mesin menyala. terkecuali bpk lupa mematikan A/C nya.


Regard,

Diki Maulana
dikiemaulana.blogspot.co.id

Unknown mengatakan...

Pak mau tanya mengenai kompresi mesin mobil honda city, kalau besarnya 125 psi masih kuat menaiki tanjakan curam tdk ya? Itu kira2 sanggup berapa tahun lg untuk ganti ring piston? Makasih sebelumnya..

Heri Syaiful R mengatakan...

Dear P Diki

saya mau nanya, klo untuk kenyamanan dan perawatan serta kehandalan lebih bagus mana antara City Z, Baleno dan Corolla (2000-2002)

Best Regard
Heri SR

Unknown mengatakan...

selamat mlm pk diki...
sy faldy pengguna baleno 97
mohon bantu pencerahanya nih..kipas radiator sy tdk menyala di saat mobil menyala
tapi ac sy idup kan ko masih tdk berputar yah kipas radiatornya apa kipas nya rusak apa memang sperti itu??
thx pk diki mohon di bantu penjelasanya..thx

Unknown mengatakan...

Slamat pagi pak diki
Sya puxa baleno thun 97
Sblum lbaran sya smpat turunkan tangki krna kotor dan smpat sya belah lalu
Setelah diturunkan kondisi mesin normal
Namun setelah dipake jarak 8rts km
Dan keesokan harinya mau di pke ko gasx gak mau naik,klo sdah dpat rpmx diangka 3 gas turun sndiri keawal dan bgtu strusxa
Kira2 mslahx ada ditangq yg sdah di blah atau ada mslah lain... mohon pncrahanx pak diki... thanks

Dikie Maulana mengatakan...

Selamat Pagi all,
to Unknown :Kalo city kompresinya segitu masih bagus mas. kalo kurang dari 11-11 psi baru itu lemah.

to Pak Heri Syaiful : Kenyamanan untuk mobil nyaman di City Z, untuk kehandalan ketiga mobil bisa di bilang handal dan perawatan nya murah meriah.

to Pak Faldy Rainsweat : Coba di cek terlebih dahulu motor kipasnya. bila masih bagus bisa merambah ke switch temperatur yang ada di mesin.

to Pak HIlal Raoef : coba di cek carb nya.. takutnya ada sisa air di sekitar situ.


Regard,

Dikie Maulana

dikiemaulana.blogspot.co.id

Unknown mengatakan...

salam kenal Pak Dikie, saya punya baleno 2000, kalau jalan pelan terutama pas macet sering ndut ndutan (kadang mesin mati) setelah itu indikator chek engine nyala. anehnya setelah indikator chek engine nyala kondisi mesin normal/stabil, jalan trs smpai nanti indikator chek engine yg nyala tadi mati dengan sendiri. kalau terus dipakai jalan menemui kondisi agak macet lagi kejadian diatas terulang lagi. mohon solusinya ? udah dibawa kebengkel dicek semua normal. terima kasih sebelumnya

Nurdarso Gani Merto mengatakan...

Enak beli mobil baru nggak kepikiran mogok

Unknown mengatakan...

Mobil baru ga ada seninya gaes

Dikie Maulana mengatakan...

@fajar :

mobil baru ga ada seni.. seni itu bukan mogok bro.. mogok itu sesuatu hal yang terabaikan. makanya mobil di rawat biar ga ngerepotin. seni merawat mobil itu yang paling mantep. bukan pas mogok adalah seni.. clink.

Amel mengatakan...

Aslkm Pa Diki.
Saya tinggal di wilayah perbukitan di sulawesi selatan. Lebih baik beli mobil karimun atau baleno y?
Apakah karimun kuat di tanjakan dgn atau tnp AC?
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Blog yg sgt bermanfaat,khusus buat master Dikie Maulana smoga ilmu anda yg bermanfaat mengalirkan pahala yg berlipat ganda ...aamiinn...
Mohon infonya,buget pas2an,dilema antara meminang baleno gx thn 2000 atau soluna gli thn 2000.
Makasih byk sebelumnya.

Mulyadi mengatakan...

Salam kenal pak diki. Saya mw ambil mobil hyundai atoz 60 jt Mohon sharingnya kira2 apa kelebihan dan kekurangannya

Terima kasih