.

Status YM

Kamis, 22 November 2012

Kondisi Jalan Bersepeda Tasik Pangandaran

Sedikit mengulas kondisi jalan bersepeda dari Tasikmalaya ke Pantai Pangandaran yang berjarak 107 KM dari Alun-alun Tasikmalaya sampai Pantai Pangandaran. Rute Tasikmalaya - Pangandaran ini, merupakan jalur yang asik untuk dilalui, saya saja sudah 4 (empat) kali melahapnya dengan bersepeda dan tahun lalu gowes PP bersama kawan-kawan B2W Tasikmalaya pada agenda tahunan B2W Tour de Pangandaran alias TdP 3.

Rute bersepeda dari Kota Tasikmalaya dapat melalui 2 jalur yakni Via Ciamis dan Via Cimaragas yang keduanya sama-sama akan bertemu di Kota Banjar. Namun untuk saya, lebih cenderung memilih Via Cimaragas (Tasikmalaya-Cibeureum-Manonjaya-Cimaragas-Banjar) karena kondisi arus lalu lintas yang tidak ramai, berbeda dengan Via Ciamis yang merupakan jalur antar propinsi tentu banyak Bis dan kendaran cepat di jalur ini. Jadi dengan alasan keamanan lebih cenderung memilih Via Cimaragas.

Tasikmalaya - Banjar (Via Cimaragas)
Jarak yang ditempuh sebanyak 40 KM, dari Alun-alun Tasikmalaya kita menuju ke arah cibeureum dengan kondisi jalanan yang rata / datar dan cenderung menurun mendekati Manonjaya (Kabupaten Tasikmalaya). Di manonjaya ini ditandai dengan lapangan upacara sebelah kanan dan ada Masjid Agung Manonjaya juga sebagai Cagar Budaya juga yang berjarak 17 KM dari Tasikmalaya. Dilanjutkan ke arah Cimaragas ditandari dengan adanya Plang Terminal Cimaragas (33 KM), disitu pun jika membutuhkan air minum atau cemilan tersedia warung-warung kopi di termanal ataupun Alfamart sekitar 50 meter dari Terminal.
Jalanan dari Manonjaya menuju Cimaragas ini memiliki lebar sekitar 10 Meter dan berkontur naik turun dengan derajat kemiringan sekitar 20 derajat jadi tidak terlalu melelahkan.

Dari Cimaragas menuju Banjar akan menemukan beberapa tanjakan dengan derajat kemiringan 30 Derajat tapi itu pun tidak akan menguras tenaga banyak, karena setelah tanjakan pendek akan ada turunan, dilanjutkan dengan Turunan panjang yang memungkinkan kita bisa memacu sepeda sampai kecepatan 60 Km/Jam sebelum sampai di Kota Banjar.

Banjar - Pangandaran
Setelah melewati Kota Banjar, sekitar 5 KM di depan kita akan menemukan Tanjakan yang bernama Tanjakan Tepung Kanjut. Tanjakan yang hanya berjarak 300 Meter ini memiliki tingkat kecuraman yang siginifikan di akhir puncak. so..jangan lupa untuk pindah gigi ya. Tapi jangan kuatirm di puncak tanjakan banyak warung sebelah kiri yang menyediakan Teh Manis Panas, Kopi dll lho...jadi tanjakan yang lumayan membuat nafas ngos..ngosan juga akan terbayar dengan makanan yang tersedia kok hehe...

Puncak tanjakan tadi tentu akan dilanjutkan dengan turunan donk...lumayan laah untuk membayar waktu tempuh yang terhambat di tanjakan tadi. Turunan yang lumayan sekitar 1 Km Bonus ini dilanjutkan dengan medan yang rata dan datar alias membosankan,di beberapa titik terlihat rata akan tetapi sedikit menanjak tapi tenang aja..jalur ini santai kok,banyak warung pinggir jalan,tidak menguras tenaga banyak hanya panas dan bosan saja yang kadang menyiksa,,,hehe 

Melewati Padaherang, kita akan bertemu dengan akhir tanjakan sekitar di KM 90 an dari Tasikmalaya. Tanjakan ini Tanjakan Emplak namanya, dan akan berakhir di Karang Nini walaupun biasanya yang di anggap Puncak adalah sebuah Warung sebelah kiri yang terdapat saung di atas nya pas belokan alias Saung Buleud. Lokasi ini biasa dijadikan tempat beristirahat setelah tanjakan 3 KM dengan derajat kemiringan 30 - 45 derajat baik oleh goweser maupun biker.


Dari Saung ini menuju karang nini memang masih menanjak tapi dengan kemiringan yang biasa saja, dan siap-siap saja setelah karang nini, ada bonus turunan panjang lho, hati-hati disini banyak jalanan berlubang sehingga membutuhkan konsentrasi melaluinya. Akhir dari turunan ini adalah sebuah trek lurus yang naik turun dengan kemiringan yang minim tapi lumayan juga saat di kayuh pedal akan terasa lebih berat. mungkin akibat udah hampir sampai dengan tenaga yang semakin menipis sepertinya. Jarak dari akhir turunan sampai ke Pantai hanya sekitar 7 KM.

Kuatkah Anda ?
Kalau saya beranggapan, jika anda pernah bersepeda dari Tasikmalaya ke Banjar PP (60 KM), saya yakin untuk jalur Tasikmalaya - Pangandaran tidak akan terasa melelahkan kok. Salah satu alasan kenapa Jalur Tasikmalaya - Pangandaran merupakan jalur favorit saya adalah Jalur yang CUKUP, cukup membuat lelah, ,tidak membuat badan DROP, proses recovery juga cuma 1 malam saja sehingga tidak akan mengganggu aktivitas esok harinya karena kelelahan.

Jadi Jika anda pemula dan ingin mengukur kondisi anda kuat atau tidak bersepeda ke Pangandaran ? Latihan Pertama : Jalur Tasikmalaya - Manonjaya - Jembatan Cirahong - Ciamis - Karang Resik - Tasikmalaya (Istirahat Batu Hitam Cirahong)
Latihan Kedua : Tasikmalaya - Manonjaya - Cimaragas - Banjar - CiungWanara (Istirahat) - Ciamis - Tasikmalaya

Nah,cukup bersepeda kedua jalur ini dengan waktu yang berbeda, maka saya jamin deh, anda akan kuat tanpa kelelahan dari Tasikmalaya - Pangandaran.

Oh iya ada beberapa hal yang perlu diganti jika sepeda anda MTB tapi tidak wajib ya seperti Ban Sepeda bisa diganti pakai yang slick atau khusus Jalan Raya dengan ukuran maksimal 1.5 ,saya pernah gunakan ukuran 2.10 lho Maxis Advantage n hasilnya lumayan beraattttt.Jangan lupa juga bawa ban cadangan, Jas Hujan trus yang utama WAJIB Gunakan Helm

Selamat Touring....!!!!

Tag: Bersepeda ke Pangandaran, Tour de Pangandaran, B2W TdP, Jalur Tasikmalaya Pangandaran Bersepeda

0 Komentar: