.

Status YM

Senin, 27 Februari 2012

Kehangatan Wisata Situ Gede

Situ Gede atau dalam bahasa Indonesia berarti Danau Besar merupakan salah satu Obyek Wisata Alam yang paling dekat dari Pusat Kota. Lokasi yang hanya berjarak 4 KM ini sangat mudah dijangkau dan menjadi lokasi favorit sebagai tempat berkumpul komunitas. 

Untuk menuju ke Situ Gede ini , cukup mencari tahu jalan Ir.H.Djuanda atau yang dikenal dengan Jalan By Pass. Terpampang Baligo besar di perempatan Jalan Masuk Situ Gede. Tinggal mengikuti jalur yang hanya berjarak 1 km sampai ke pintu gerbang lokasi wisata ini. Tepat digerbang,terdapat petugas Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya yang memungut retribusi masuk seharga Rp.4000/orang. Namun disayangkan sering sekali, retribusi ini tanpa disertai dengan tanda bukti berupa Karcis, bahkan yang sering dilakukan adalah apabila dalam kendaraan Roda 4 terdapat 4 penumpang maka dipungut pembayaran 15 rb alias ada diskon 1 rb dari tarif sebenarnya. Hal yang aneh untuk sebuah retribusi daerah yang pengaturannya melibatkan Eksekutif dan Legislatif.

Memasuki kawasan wisata, pandangan mata mulai terlihat danau besar serta Banyaknya warung nasi pinggir danau yang menjajakan makananya. Pengunjung disuguhkan makanan khas situ gede yakni Mujair Bakar seharga Rp.7500 dengan lesehan dan pemandangan tepat pinggir Situ Gede ini. Semilir angin, duduk beralaskan tikar serta beratapkan pepohonan rindang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi untuk berkumpul keluarga,komunitas dsb.
Pada kawasan wisata ini tersedia Jogging Track sejauh 7 km yang mengitari Situ Gede. Tidak sedikit pengunjung yang datang memesan makanan, lantas berolahraga terlebih dahulu sambil menunggu makanan siap disajikan. Para pesepeda pun menjadikan tempat ini sebagai lokasi favorit untuk bersepeda, bersenda gurau dan makan-makan untuk kebersamaan. Sebut saja di antaranya adalah Komunitas Bike 2 Work Tasikmalaya.
Kawasan Danau ini pun memiliki fasilitas untuk berkeliling dengan transportasi air yakni rakit, bahkan kita bisa request makan diatas rakit sambil berkeliling di atas air. Seru kan? Ayo ajak keluarga,kawan dan pasangan untuk menikmati kawasan alam ini ....


0 Komentar: