.

Status YM

Kamis, 16 Februari 2012

Status Waspada Gn Galunggung 2012

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementrian ESDM per tanggal 12 Feb 2012 Pkl.15.00 WIB meningkatkan status Kegiatan Gn Galunggung dari Normal (Level1) Menjadi Waspada (level2).

Kondisi ini berdasarkan hasil evaluasi bahwa sejak bulan Januari-Februari 2012 teramatai adanya peningkatan aktivitas Gn  Galunggung ditandai dengan makin meluasnya bulaian air dan perubahan warna air kawah.
Pada tanggal 5 dan 8 Februari 2012 terjadi juga peningkatan suhu air danau kawah sebesar 13©.

Pada hari ini karena ada tugas kantor, saya bersama rekan sekerja berkunjung ke Pos Pemantauan Gunung Api Gunung Galunggung yang berada di Kecamatan Padakembang sekitar 17km dari pusat Kota Tasikmalaya. Ternyata sesmpainya disana sedang ada kunjungan Dandim untuk berbincang tentang rencana tanggap bencana Gunung Galunggung ini. Langkah-langkah yang diharpakan bahwa jangan sampai terulang kejadian meletusnya Gn Galunggunf sebelumnya, karena kini fasiltas jauh lebih lengkap dibandingkan 30 tahun lalu dan perlunya koordinasi serta mekanisme tanggap bencana jika Gn Galunggung meletus antara lain : penyiapan jalur dan mekanisme evakuasi, penentuan lokasi pengungsian, dll.

0 Komentar: