.

Status YM

Senin, 06 Februari 2012

Tips Jika Rotor / Brake Pad terkena Oli / Pelumas

Berbagi pengalaman pribadi yang cukup nyusahin waktu itu ketika bersih-bersih sepeda MTB habis dipakai ke Gunung. Memang kebiasaan saya sehabis menggunakan sepeda selalu dibersihkan, soalnya parkiran sepeda bisa jadi kotor gara-gara sepeda yang kotor dan parahnya lagi bisa bikin part-part sepeda berkarat walaupun sebagian besar part sepeda menggunakan allumunium.

Penggunaan pelumas semprot saya gunakan untuk melumasi Rantai Sepeda juga sekali waktu iseng-iseng mengisi waktu luang membersihkan Hub/FreeHub dirumah. Memberishkan Hub / Free Hub dengan melepas Roda dari Frame lalu membuka dan membersihkan 'pelor' yang ada di dalamnya dengan di semprot pelumas. Wah..ga nyadar ternyata Rotor alias piringan cakram terkena Pelumas.

Tanpa sadar ada pelumas di rotor, langsung dipasang di sepeda dan dicoba keliling kompleks. Tak taunya..oli yang nempel di rotor berpindah ke Brake Pad alias Kanvas Rem.waduuhhh....bunyi rem jadi kret..kreet..kreett..trus fungsi pengereman bener-bener kacau, kecepatan 5 Km / Jam pun susah bener disuruh brenti ini sepeda..parah kan?

Hufff...bingung deh...lantas saya buka brakepad lalu dibersihkan menggunakan Sabun Cuci, Sabun Cuci Piri,ng bahkan sampai di rebus pun ternyata si Oli tetep nempel di Brake Pad. FYI, Brake Pad saya ber bahan Resin.

Akhirnya saya coba beli 'Citrun' di warung deket rumah dengan harga 500 perak, Citrun ini biasa dipakai untuk minuman sirup anak-anak yang bikin asem n 'nyereng' (sunda),juga saya biasa pakai sebagai pemutih untuk mencuci pakaian di rumah.

Citrun yang saya beli, dimasukan ke dalam 1/2 Gelas Air, lalu brake pad tadi dimasukan ke dalam Larutan Citrun semalaman. Dan hasilnyaaa...setelah keesokan harinya, Brake Pad saya cuci dengan Sabun dan langsung dipasang, tentunya setelah Rotor pun dibersihkan sisa Oli nya cukup gunakan Sabun Cuci Piring kok, Fungsi Pengereman lancar jaya seperti semula..bahkan terasa lebih pakem mungkin karena jadi bersih kali ya..

Ya inilah percobaan saya, yang mana setelah saya tanyakan berapa ganti Brake Pad ternyata harus keluar kocek 130 rb / set..jadi kalau depan belakang habis 260 rb..hiii..untung ada citrun..

*indahnya berbagi...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 Komentar:

Unknown mengatakan...

bisa di coba nih,,