.

Status YM

Rabu, 01 Agustus 2012

Bingung Upgrade Audio Mobil ?? Baca disini

Tidak sedikit forum-forum otomotif dan modfikasi mobil membahas tentang kebingungan untuk upgrade audio mobilnya supaya lebih enak di telinga.
Audio mobil buat saya pribadi bikin betah untuk berlama-lama di mobil menempuh perjalanan jauh ataupun ke tempat kerja dll.
Hal yang paling sering saya lakukan saat sedang ngantuk di perjalanan, volume audio dbikin jedang jedung dengan musik yg ngbeat..bikin ilang dah tuh ngantuk.


Ada beberapa aliran untuk melakukan upgrade audio mobil, sebut saja SQ,SQL dan SPL. Tapi apapun itu aliran nya, semua ini kembali ke 'selera' n patut diingat, yang namanya selera kan tiap orang punya selera berbeda n "tidak perlu diperdebatkan" ya ga ?
Ya..kembali ke selera, upgrade audio mobil dari audio standar bawaan pabrik kadang menjadi pilihan untuk membuat kita betah berada di mobil yang buat saya sebagai rumah kedua yang butuh kenyamanan, keamanan n privasi.

Hal pertama yang disodorkan oleh toko audio biasanya diusulkan untuk penambahan perangkat Power 4 channel+Sub Woofer+Tweeter yang disimpan di atas dashboard. Kembali ke selera, jika memilih opsi ini, tentu suara di kabin mobil akan terasa geter-geter bass dari sub woofer n bisa jedang jedung, tapi suara vocal masih berasa ada dibawah depan n tweeter juga hanya keces keces kurang nendang.
Oh iya, jangan keliru lho,tweeter itu bukan cuma keces2,nah klo berfikir kayak gini itu konsep audio untuk angkot..hehe..coba denger d angkot asal jedang jedung n tweeter cuma ces ces doank..vocal nya ga keluar..
Naaah...saya jg saat masih awam terjebak sama konsep kayak gini, n pilihan kedua untuk upgrade audio mobil dan pilihan ini yang saya rekomendasikan untuk upgrade pertama kali dari audio standar adalah penggantian speaker depan (speaker pintu depan) dengan menggunakan speaker split alias 2 way.
Pembelian speaker plit ini atau speaker 2 way ini satu paket yang terdiri dari 2 bh speaker middle untuk di pintu, 2 bh tweeter dan 2 bh cross over (XO). Harga nya pun variatif mulai 300 rb an sampai jutaan. Tapi untuk telinga kampung kayak saya, ubahan pakai speaker 2 way merk Rogers yang 500 rb an udah cukup berasa kok.
Hal yang paling dirasakan dari ubahan ini yaitu suara vocal berasa dari atas dashboard, jadi fungsi xo disini membagi sinyal yang tweeter kemana n subwoofer kemana, intinya dipisahkan oleh xo ke masing2 speaker. Oh iya, klo speaker bawaan pabrik biasanya speaker coaxial (speaker pintu mobil), speaker ini tengahnya ada tweeternya,jadi 1 speaker tapi ada tweeter di tengahnya.
Suara vocal lebih berasa, trus mid bas juga lebih empuk terdengar, tweeter lebih nendang n yang paling utama kayak berasa konser deh suara ga mendem n terdengar di atas bukan dari bawah kaki.klo yang suka Sound Qualitiy, ubahan ini cocok dengan suara yang empuk,ga terlalu jedang jedung. Tapi klo pakai mobil sedan, speaker bekas pintu itu yang coaxial bisa dipindahkan ke belakang menggantikan speaker belakang supaya penumpang belakang juga berasa tweeter nya. (Kecuali speaker belakang udah coaxial).
Nahh,,setelah ubahan kedua ini baru pasang sub woofer,mau aktif atau pasif yang tentu butuh Power Amp..ini sih soal selera yah, soalnya klo pertama hanya pasang sub woofer,kualitas suara belum dapet, yang ada cuma jedang jedung aja

Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 Komentar: