.

Status YM

Kamis, 27 Oktober 2011

Jalan Tengah Jalan Abu-abu

Dalam sebuah perdebatan antara dua belah pihak dalam menyampaikan pendapat, kecenderungan untuk mencari Jalan tengah agar keduanya mendapat peran dan posisi yang seimbang selalu di anggap sebuah solusi dalam meredakan perbedaan. Peristilahan Jalan Tengah dalam pengertian menyeimbangkan antara berbagai opsi kadang dijadikan solusi walaupun kondisi ini terkadang menjadi abu-abu.

Teringat semasa kuliah, Jalan Tengah pun di ambil sebagai sebuah Ideologi yang kini kita anut bersama dalam negara ini yakni Pancasila bahkan dalam sebuah perkuliahan pun di gambarkan bahwa jika sebuah bandul di ayunkan, maka titik tengah itu disebut The Third Way yang mana ujung kanan dan kiri adalah Liberalisme dan Sosialisme.

Melihat sistem pemerintahan yang ada sekarang serta sistem ekonomi yang terjadi sekarang dengan penuhnya tekanan dari dalam dan luar negeri, Jalan Tengah yang selalu di agung-agungkan ini sedang di uji integritasnya dan identitas nya sebagai sebuah Ideologi.

Namun apa dikata, Ideologi yang kita anut dan bangga-banggakan seakan kini kehilangan arah bahkan belum mengetahui siapa dirinya dan bagaimana dirinya atau dengan kata lain, kita tidak tahu apa perbedaan nya dengan ideologi yang di anut negara lain atau bahkan pada kenyataanya kita menganut Kapitalisme dan Sosialisme sekaligus. entahlah.....



0 Komentar: