.

Status YM

Jumat, 21 Oktober 2011

Ingat !!!! Jabatan dan Kekuasaan hanya sementara ....

Hari ini Foto-foto dan berita tentang Muammar Qaddafi terpampang di halaman depan media cetak. Rezim Qaddafi yang jika dilihat dari rekam jejak nya merupakan pemimpin yang berani namun kejam dan diktator akhirnya terguling dan berakhir dengan kematian di tangan warganya sendiri.  Kita pun ingat beberapa waktu sebelumnya Hosni Mubarak yang merupakan Pemimpin Mesir pun digulingkan karena telah terlalu lama berkuasa.

Lebih dari 10 tahun lalu, Presiden Soeharto pun terguling setelah masa pemerintahannya selama 32 Tahun lamanya, caci maki kala itu dan hujatan akan dirinya beserta keluarganya keluar dari mulut masyarakat mulai dari obrolan warung kopi sampai talk show para prakitis dan akademisi.

ya itulah dunia, tidak ada yang abadi apapun itu bentuknya....kekuasaan dan jabatan merupakan hal yang sementara dan akan berakhir..entah akan berakhir harum atau pahit, hanya Tuhan yang tahu..

Pada dasarnya dalam kehidupan manusia, mencari kekuasaan dan jabatan adalah sesuatu yang manusiawi karena dalam diri manusia tidak memiliki rasa puas akan apa yang di dapatkan.

Jabatan...jabatan... seakan hal ini menjadi sesuatu yang harus dikejar dengan segala macam cara dan dipertahankan dengan segala macam upaya. Saya mencoba menilik para ex pejabat pemerintah yang kini telah pensiun, inilah fenomena yang terjadi dalam birokrasi di daerah. Apapun jabatan nya dan kini telah memasuki masa pensiun , penghargaan dari rekan sejawat  menjadi berubah drastis bahkan kecenderungan membuang muka menjadi hal yang biasa karena ketidak senangan semasa menjabat dsb.

Saat menjabat, sanjungan dan pujian serta sapaan jika berpapasan dengan rekan sekerja terasa sangat hangat, namun apa yang terjadi saat pensiun ? semua itu jauh berkurang dan hilang, bahkan umpatan para ex bawahan nya dulu pun dikumandangkan kala melihat sang ex boss berkunjung. Begitupun dibenak para ex pejabat, beberapa rekan kerja yang telah pensiun menuturkan rasa malu jika harus berkunjung ke tempat kerja nya dulu, mereka takut anggapan datang ke kantor untuk meminta-minta dan beragam pandangan negatif pun muncul dari dalam dirinya.... hmmmm....apa berfikir negatif akan penerimaan terhadap dirinya karena sang ex boss ini merasa pernah bersikap negatif akan bawahan nya ?? entahlah...... so.. berbaik-baiklah jabatan dan kekuasaan bukan lah sesuatu yang pantas untuk di sombongkan....

0 Komentar: