.

Status YM

Rabu, 17 Oktober 2012

Tips Bila Rem Hidrolik 'Masuk Angin'

Lho..lho..kok rem sepeda belakang tiba-tiba ngeplos alias saat handle rem saya tekan sama sekali ga kerasa 'daging' nya. Pernah saya ngalamin hal kayak gini abis bersih-bersih sepeda pake steamer,tiba-tiba rem belakang jadi blong saat dipakai.

Rem yang saya gunakan pake shimano non series hidrolik, tentunya discbrake donk masa v brake hidrolik.



Sedikitpun saya yakin,rem saya baik-baik saja,ga mungkin ada kebocoran wong sepeda juga cuma dipake XC ringan doank n d terlurin kabel rem ga ada tetesan minyak rem yang keluar.

Ternyata istilah nya adalah brake bleeding alias masuk angin, jadi pada selang2 / kabel rem nya terdapat angin yang ngehalangin tekanan minyak ke piston alias kaliper.
Solusinya sangat mudah kok, memang pada kaliper ada lubang untuk ngebuang angin supaya tekanan minyak kembali optimal,tapi cara ini akan ngebuang minyak rem yang ada. Kan rugi minyak rem sebotol kan lumayan mending beli nasi padang hehe...

Cukup buka mur yang ada di handle rem tempat minyak rem berada, namun jangan lupa sejajarkan dulu penutup minyak rem nya rata2 air supaya saat membuka penutup nya, minyak tidak tumpah.

Setelah dibuka, tekan handle rem berkali-kali dengan perlahan,akan terlihat gelembung udara di dalam minyak rem tersebut. Lalu tutup kembali dan tekan tuas rem beberapa kali sampai 'daging' nya berasa. Gampang kan ?

Selamat mencoba .... !!!

Tag : brake bleeding, memperbaiki rem hidrolik sepeda, rem hidrolik sepeda rusak

Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 Komentar: