.

Status YM

Jumat, 04 Mei 2012

Gaya Baru Pelayanan PT.Telkom Tasikmalaya

 
Plaza Telkom Tasikmalaya
Beberapa waktu lalu, sambil melakukan persiapan penjemputan Srikandi Inspirasi Bagi Negeri. Saya berkunjung ke Plaza Telkom yang merupakan Kantor Pusat Pelayanan Telkom di Jl.Merdeka Tasikmalaya untuk turut serta melepas keberangkatan kawan-kawan B2W Tasikmalaya bersama B2C dan TCC Tasikmalaya melakukan penjemputan di Pendopo Ciamis.

Saya diajak jalan-jalan melihat-lihat ruangan yang tersedia dan bisa digunakan untuk malam harinya dalam rangka jamuan makan bagi rekan-rekan Tim Gowes Srikandi yang memasuki Etape terakhir perjalanan dari Jepara - Bandung.
Bersama Bp.Rayoga Putrado dan Fitri Heryadi, beliau berdua mengajak saya melihat ke ruangan depan pelayanan Telkom terbesar di Tasikmalaya ini.


"Wah..kereeen..apaan nih pak ?" Seraya menunjuk pada meja-meja bundar tersebar ditengah ruangan.
Ternyata meja-meja bundar ini adalah loket pelayanan yang awalnya loket pelayanan terpisahkan oleh Meja Kerja yang kaku antara petugas dan konsumen.
Sebagai warga negara Indonesia, sejujurnya saya sangat bangga akan perubahan yang mungkin 'nyeleneh' tapi hal ini sungguh suatu hal yang baru bagi saya. Pengunjung atau Konsumen dilayani secara personal dengan Meja Bundar layaknya Meja candle light dinner di Clark Quay.
Meja Bundar berdiameter kira2 1,5 meter ini, terdiri dari 3 kursi, kursi pertama tentu untuk petugas Pelayanan Telkom yang dilengkapi dengan 1 (satu) unit Laptop. Kalau melihat kondisi ini, andai saya jadi konsumen sepertinya penjelasan dari petugas dengan Komputer Mobile nya bisa sambil menerangkan beragam layanan langsung dari layar komputernya.
Melihat ke sekeliling, terdapat deretan PC dengan keterangan kecepatan dan bebas digunakan bagi Pengunjung lho.Jadi kita bisa tahu untuk membedakan layanan speedy dengan beragam kecepatan yang diberikan..lumayan nih gratisan buat ngBlog..heuheu..
Jika kita masuk ke Plaza Telkom melalui Pintu Utama, disebelah kanan terdapat 2 (dua) buah Kursi Pijat yang semuanya GRATIS buat pengunjung..heuheu..saya geleng-geleng kepala melihatnya dalam hati berkata "aya-aya wae.." dengan takjub, soalnya tepat didepan nya disediakan TV layar datar dengan fasilitas Groovia TV Full Service .. Ck..ck Gilaaaa..enak bener jadi pengunjung Telkom..sambil Pijit Gratis bisa nonton Film pula.

Groovia TV menurut Informasi dari Bp.Rayoga Putrado sebentar lagi akan di launching di Tasikmalaya. Saat ini memang masih dalam proses trial dan kemarin menjadi mainan favorit para srikandi lho..setelah capek gowes menggowes, siapa yang ga fresh disuguhi Karaoke Gratis yang merupakan fasilitas dari Groovia TV.

Oh iya..buat yang belum tahu tentang Groovia TV, silahkan baca saja postingan saya tentang IPTV pertama di Indonesia ini.
Hasil obral-obrol lanjutan dengan kedua rekan ini, ternyata Plaza Telkom Tasikmalaya bekerja sama dengan salah satu TV lokal lho. Ceritanya ruangan Plaza yang flexible ini bisa ditata saat malam hari atau diluar jam kerja sebagai Studio atau Tempat TalkShow atau Seminar juga. Kok bisa ? Iya saya juga kaget saat ruang pelayanan ini ternyata bisa geser sana sini dengan leluasa. Juga sudah disediakan lampu tambahan untuk kebutuhan pencahayaan dari Kamera TV. Mantep kan ?
Bahkan Bp. Wahyudin sebagai Kepala Telkom Tasikmalaya mempersilahkan kepada Komunitas yang mau bikin event Talk Show, Pelatihan n Gathering dll bisa menggunakan tempat ini, "anggap saja ini Rumah Komunitas"..hadeuuuh lagi-lagi saya menggelengkan kepala..
Memang kalau berbicara tentang dukungan dan komitmen, bukan bermaksud untuk promosi, PT.Telkom merupakan BUMN yang saya rasakan sendiri komitmennya pada hal-hal kreatif di Tasikmalaya.
Saat pemerintah kabupaten dan kota Tasikmalaya masih berebut aset sehingga membuat berbagai aset menjadi terbengkalai, PT.Telkom bersedia turut memelihara Alun-alun Tasikmalaya dan memasang Hot Spot di area ini sebesar 1MB.

Beragam kegiatan komunitas mulai dari Kegiatan Bersepeda, Motor Vespa, keagamaan dll mendapatkan dukungan penuh dengan pemberian CSR sekitar tahun lalu.
Selain itu, PT.Telkom juga selalu eksis disetiap event pengembangan Teknologi di Tasikmalaya. Saya yang bekerja di lingkungan Pemerintahan yang memiliki Tupoksi di bidang IT tidak pernah kesulitan mendapatkan dukungan dari Telkom bahkan tanpa MoU sekalipun dan hanya dengan Telepon.
Komitmen para pegawainya juga sangat terasa, pemasangan koneksi di setiap penjuru di Kabupaten Tasikmalaya untuk mendukung Armada Mobile Community Access Point tidak pernah abai, dan selalu memberikan service maksimal dan keramahan dari Top Manager sampai Level terbawah sekalipun.

Terlebih dalam kegiatan bersepeda dan cinta lingkungan, ide-ide kreatif untuk menggalakan sepeda di Tasikmalaya Pasti dapat dukungan dari BUMN ini.
Kemajuan dunia persepedaan di Tasikmalaya sangat terasa mulai di Deklarasikan nya Gerakan Moral Bike To Work Tasikmalaya pada Tahun 2010 silam. Saat itu dalam kampanye nya, B2W Tasikmalaya selalu mendapatkan dukungan penuh dari Telkom Tasikmalaya.
Pencanangan Friday Bike Day (Hari Jumat Hari Bersepeda) yang dilaksanakan pada Bulan Juni 2010 di halaman Parkir Plaza Telkom menjadi momentum maraknya kegiatan bersepeda di Tasikmalaya. Konsep Go Paperless yang dianut B2W Tasikmalaya pun lahir dari hasil diskusi di tempat ini yang selanjutnya banyak diadopsi oleh Komunitas lain di Tasikmalaya melalui penggunaan Email, Social Media dan Website untuk media pengumuman serta Milis Flexi dan SMS Broadcast untuk diseminasi Informasi langsung.

Berangkat dari Komunitas B2W Tasikmalaya, saya bisa berkenalan dengan rekan-rekan Telkom Tasikmalaya. Campuran suku bangsa yang ada didalamnya menjadikan suasana saat memasuki kantor Telkom untuk bertemu kawan lebih terasa Indonesia nya.
Namun ada satu hal yang menginspirasi saya dari rekan-rekan Telkom ini, yang saya anggap ini adalah ciri khas mereka yang saya terjemahkan dengan kalimat saya sendiri yakni "Berfikir Positif,Semangat dan Service sampai Tuntas".
Berfikir positif merupakan hal yang harus ditanamkan dalam diri untuk menjadikan diri lebih bersemangat dan fokus. Selain itu dalam 'melayani' siapapun yang meminta bantuan dan melakukan sesuatu, harus sampai tuntas dengan berbekal kebersamaan.

Tak lupa saya berterima kasih untuk rekan-rekan yang selalu bersemangat dan menginspirasi saya yaitu Bp. Otte (Semangat Kesetiakawanan),Brur Adam (Kompor Positif buat saya), Rayoga Putrado (Semangat Berapi2nya), Fitri Heryadi (Semoga cepat sembuh pak),Wahyudin (Ide Nyeleneh tp OK nya),Edi S & Aang Sundava (Pensiunan tp Kompak),Kang Djae & Pak Mprit,Mas Teko (Slow but Sure)..hehe..dan rekan-rekan lain..
Yang jelas dari rekan-rekan ini tergambar sosok "Positif, Semangat dan Service sampai Tuntas"....Bravo Telkom...

Powered by Telkomsel BlackBerry®




















4 Komentar:

Anonim mengatakan...

semangat Creative.... mari jadikan tasikmalaya lebih majuu""

Bung Eka mengatakan...

mariii...... :)

Unknown mengatakan...

"mass PT.TELKOM TASIKMALAYA nerima praktek kerja industri gak...?

Unknown mengatakan...

Sayah Pelanggan baru pengguna SPEEDY ( Warnet ). Dulu dalam perjanjian, katanya pembiayaan tiap bulan akan tetap 1 MB=310 ru/bulan, tapi Kok punya saya bulan ke 3 dan ke 4 makin naik, 388 rbu dan 345rbu,padahal pembayaran tdak prnah telat.
kalo masalah kaya gini bagaimana ya ? apa bisa di adukan di PT TELKOM TASIKMALAYA tidak ya ?
Kalo abang punya , bagi No telpon layanan PT TELKOM TASIKMALAYA dong,..