.

Status YM

Senin, 04 Juni 2012

Tips memilih Dokter Spesialis Kandungan


Hal lain tentang 'keseruan' saat istri sedang mengandung adalah ngdengerin temen-temen istri saling berbagi pengalaman saat hamil mulai dari apa yang dirasakan,dokter yang dipilih,hasil pemeriksaan dokter,rencana persalinan,keluhan dll.

Tapi beberapa waktu yang lalu, saat teman istri datang berkunjung ke rumah dan bercerita tentang dirinya saat check up kehamilan ke Dokter membuat saya ketawa mendengar cerita lucunya saat periksa kehamilan ke salah satu dokter kandungan yang cukup terkenal di Tasikmalaya.

Masalah nya adalah saya kenal betul dengan sang suami yang berdarah "batak" ini. Sang suami yang gemar sekali ngobrol bahkan lewat depan rumahnya aja ga ada alasan untuk hanya cukup lambaian tangan saking ramah dan senangnya ngobrol. Lucu nya, sang istri bercerita tentang suami nya yang mati gaya saat berhadapan dengan Dokter 'senior' ini, orang yang biasanya 'betahan' untuk bertanya dan bercanda,ternyata menunjukan perasaan malas dan bingung mau tanya apa soalnya pembawaan si dokter yang seakan terburu-buru.

Lho..lho..kok bisa..ternyata saat istri saya bertanya udah berukuran berapa gram ? Usia berapa minggu ? Perkiraan UsG kapan ? Malah dijawab ga tau n ga dibilang sama si dokter katanya...dsitu kita ketawa2 ngdengernya,,,ada2 aja,,malah dia bilang "suami saya pengen cepat2 pulang saja kalau ke dokter ini".

Tentu saat seorang ibu mengandung, banyak sekali keluhan dan perubahan akan kondisi tubuh yang dialami. Hal ini membuat kita mencari tahu untuk meyakinkan diri bahwa semua ini bukanlah masalah berarti.
Nah, dongkol juga ga sih,saat check up ke dokter karena misal ada Flek di Trisemester ke 2 sang Dokter usai melakukan USG berkata "semua baik2 saja, ga ada masalah,smua sehat2"...lantas ini kenapaaaa doookkk?? Ini pertanyaan yang ingin kita tahu kan, sesuatu yang lebih ilmiah untuk kita ketahui..tul ga?


Pertanyaan itu dilontarkan pun dijawab,semua sehat-sehat n baik2 saja .. Hwaaaa .. 

Pengalaman seperti ini pernah kami alami saat istri mengandung, kebetulan saat itu sedang di luar kota dan memeriksakan diri ke dokter kandungan di kota tersebut. Waduuhh...padahal gelarnya numpuk, ga ada yang namanya penjelasan berat,panjang berapa..keluhan disampaikan pun dijawab "semua ga ada masalah..."...hadeuuuhhh...dijamin kga bakal tenang tuuuhhh...



Bedanya sama Dokter Spesialis Kandungan tempat kami biasa memeriksakan kandungan di Tasikmalaya yaitu semua dijelaskan dan apabila kita bertanya pun, semua dijawab secara ilmiah/teori dan pengalaman selama ini.
Mungkin kami cenderung bertanya sesuatu tentang kenapa dan ingin penjelasan secara ilmu kedokteran, tidak cukup hanya dengan jawaban ora opo2..bahkan beliau pun menggambar tentang posisi,sebab akibat dll dari setiap pertanyaan.



Nah berikut saya bagi deh Tips memilih Dokter Spesialis Kandungan di Tasikmalaya :
  1. Bandingkan Dokter referensi Keluarga dan Teman, jangan hanya kata "bagus" saja tapi detail mulai dari keramahan, fokus saat memeriksa ga terburu2 karena kejar pasien.
  2. Buat BlackList dari Dokter Spesialis Kandungan yang ada, pasti hasil obrolan dengan kawan,tetangga dll ada judgement tentang sang Dokter seperti : Genit suka buka bagian atas padahal tdk ada keluhan, Pernah melakukan Malpraktek misal Kepala Bayi terlepas (amit2),Dokter Nakal alias Dokter Aborsi, Dokter Rusuh alias Dokter yang terburu2 pengen kita keluar karena banyak pasien
  3. Kalau referensi 1 dan 2 di atas udah ada di whitelist,naahh...tanyakan Dokter nya bisa diganggu via SMS/BBM atau Telpon Pribadi ga ? Apalagi saat mengandung anak pertama, tentu keluhan dan kekhawatiran saat hamil kadang kita bingung bertanya kepada siapa untuk menenangkan istri kan,nah..ini perlunya,,apalagi kalau ada pendarahan saat tengah malam,kita bawa ke UGD RS (amit2),d UGD kan cuma Dokter Umum,klo pegang No HP nya bisa telpon langsung jadi kita ga perlu menunggu lama kan sang dokter kandungan datang untuk mengambil tindakan penyelamatan...dari awal kehamilan istri, saya sih minta no hp dokternya,eh si dokter bilang "kalau ada apa2 cepet2 kontak saya katanya,kapan aja" eh bener donk...jam 9 malem salah mijit HP,malah dtelp balik dkira ada apa2...kereenn :) n ternyata bukan kami aja,yg laen jg sama hihihihi....
  4. Kalo 1,2,3 udah di lewatin, tinggal tanyakan tempat praktek n tindakan sang dokter. Ada banyak RS di Kota Tasikmalaya, juga RS bersalin.kalau dilihat dari biaya persalinan tentu ada perbedaan antar RS umum dan swasta/bersalin. Tapi setelah saya survey ternyata perbandingannya tidak terlalu signifikan dengan kelas dan standar kamar serupa. Jadi mungkin untuk Tasikmalaya biaya persalinan mesti prepare 15 jt deh untuk Caesar (VIP Room), kalau persalinan Normal sekitar 4 jt an - 7 jt an.
Asuransi juga perlu diperhatikan, kalau PNS macam saya memang RSU lebih murah, tapi kalau pun di RS swasta / RS bersalin pun bisa kok Klaim ke Askes selesai persalinan.

Dari tips diatas, kembali ke istri,dia merasa nyaman dengan yang mana, biarkan dia yang memilih karena ini menyangkut hidup dan mati juga ketenangan istri saat menjalani proses kehamilan dan persalinan, jangan sekali-sekali sebagai suami memaksakan kehendak atas Dokter / tempat persalinan yang dipilih ya :)


#Pengalaman Menemani Istri ke Dokter Spesialis Kandungan terbaik di Tasikmalaya Dr.Max Siboentara,Sp.OG Praktek di Apotik Puspita Jl.Dewi Sartika dan Rumah Sakit Tasik Medika Citratama (RS TMC) 

0 Komentar: