.

Status YM

Rabu, 12 September 2012

Nongkrong Malam di Kota Tasik tercinta....

Nongkrong malam hari di mana ya? terkadang hal ini yang sering menjadi pertanyaan yang sedikit menjadi bahan perdebatan ketika mengajak kawan untuk keluar di malam hari sambil bertukar cerita dan tentu dengan nuansa malam yang santai.
Kondisi ini juga membuat saya bingung, apabila ada saudara atau kawan dari luar Tasikmalaya yang ingin diajak berkeliling menikmati suasana malam di kota tercinta ini.
Memang perlu diakui, fasilitas hiburan dimalam hari jauh berbeda dengan yang ada di kota-kota besar tentunya. Walaupun pada kenyataannya fasilitas "hiburan malam" yang sedikit dipaksakan untuk menyamai apa yang ada di kota-kota besar sedikitnya mewarnai kebutuhan hiburan di kota ini.

Menjelang pukul 21.00 WIB pada hari kerja, kompleks pertokoan yang berada di Jalan HZ Mustofa sudah menutup tokonya, bahkan sebelumnya pun sering dijumpai Pusat Perbelanjaan yang terletak di Jl.Veteran pun sudah terlihat tutup. Hal ini juga yang membuat saya sering ditanya oleh saudara atau kawan dari luar  Tasik "Lho..kok baru jam segini sudah sepi?". 

Memang kehidupan malam di Kota Tasikmalaya ini akan terlihat sepi saat memasuki Pukul 21.00 WIB, walaupun pada malam minggu, Mall / Pusat perbelanjaan menambah waktu bukanya 30 menit. Lantas kita harus kemana lewat jam segitu ?

Kuliner Malam
Salah satu opsi yang selalu menjadi pilihan utama adalah Tempat Makan, beberapa tempat makan yang menjadi lokasi favorit warga Tasikmalaya dimalam hari terbagi menjadi 3 yakni : Versi Kafe, Versi Emper dan Versi Warkop.
Versi Kafe, pada segmen ini beberapa tahun belakangan mulai menjamur kafe-kafe kecil dengan nuansa modern dan berbagai tema berbeda. Kafe-kafe kecil ini memanfaatkan kompleks pertokoan (Ruko) yang ada baik yang ada di dalam kawasan Pusat Perbelanjaan maupun di jalanan pusat kota Tasikmalaya. Jika kita melihat di Kawasan Perbelanjaan Asia Plaza, marak dijumpai kafe-kafe kecil pada beberapa Ruko nya. Begitu juga dengan jalanan di pusat Kota, bisa dijumpai di Jalan Panyerutan, Pasar Mambo dll
 
Versi Emper, tempat makan yang juga menjadi hal favorit bagi warga Tasikmalaya adalah Warung-warung makan yang terletak di trotoar jalan. Memang tempat makan disini lebih cenderung ke makanan berat dan ramai saat menjelang waktu makan malam. Namun jika menjelang tengah malam, Warung Oni yang selalu menjadi pilihan, warung yang sangat sederhana tidak memiliki penutup ini, terdapat di pertigaan Jalan HZ.Mustofa dan Jl.Yudanegara. Selain itu kawasan Jl.Gunung Sabeulah dimalam hari,menjadi pusat kuliner emperan yang sangat ramai, lebih dari sepuluh warung emper dan lesehan terdapat disitu mulai dari Bakso, Bubur Ayam, Mie Goreng, Nasi Goreng, Warung Kopi, Bubur Kacang Ijo dll.

Versi Warkop, untuk versi warkop ini sebenarnya hampir mirip dengan Versi Kafe, hanya dengan nuansa yang lebih sederhana, merakyat, dan terjangkau untuk saku pelajar. Lokasi yang berada dalam sebuah bangunan sederhana (Bukan Ruko), menjadi pilihan favorit bagi para komunitas yang ada di Tasikmalaya, sebut saja Warung Citebaks yang berada di Jalan dr.Soekardjo (sekitar 100 meter dari Simpang Lima). Menu yang disuguhkan cukup sederhana mulai dari Teh Susu, teh Jahe, Cwimie Bakso, Martabak Siram dll.